Kunci Sukses Aceh Mampu Tekan Angka Penularan COVID-19

Medcom Nasional Virus Korona
Medcom • 29 Mei 2020 19:06
Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengklaim kurva kasus positif COVID-19 di Provinsi Aceh sudah melandai. Menurut Nova, pemerintah Provinsi Aceh bekerja lebih awal, terpadu, dan fokus menghadapi kemungkinan terjadinya wabah virus korona. 

"Kami mengerjakan apa yang sudah dikerjakan sama seperti daerah lain di Indonesia. Hanya saja di Aceh lebih cepat, terpadu, dan fokus," kata Nova dalam konferensi pers yang ditayangkan dari Graha BNPB, Jakarta, Jumat (29/5/2020).

Ia menyatakan persiapan fasilitas pendukung, pembukaan posko informasi, rumah sakit rujukan, hingga ruang isolasi sudah dilakukan pihaknya sebelum ada indikasi positif di Aceh. Nova melanjutkan, sikap masyarakat yang reaktif dan sangat protektif terhadap bahaya penyebaran wabah juga berperan besar.

“Pada hakikatnya kasus COVID-19 di Aceh yang sampai saat ini angkanya melandai, pasti karena ada doa, dan keyakinan yang kuat dari masyarakat sehingga antibodi masyarakat bisa terjaga dengan baik dan aspek pendukung lain,” tambahnya

Nova pun tak menampik, awalnya masyarakat Aceh kurang yakin penyebaran virus corona bakal ada Aceh. Namun setelah adanya satu orang warga positif, masyarakat Aceh lebih antisipatif, waspada, dan disiplin dalam mencegah penyebaran virus.

Menurut Nova, pemprov serta pemerintah kabupaten/kota telah bekerja semaksimal mungkin dengan menetapkan kebijakan terkait protokol kesehatan yang ketat hingga ke desa-desa. Ia juga menyatakan dukungan publik, khususnya para ulama dan tokoh masyarakat kepada pemerintah sangat kuat. Masyarakat pun dinilai disiplin dan waspada terhadap COVID-19.

Youtube: BNPB Indonesia
(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif