Uji Klinis Vaksin COVID-19 akan Dimulai 11 Agustus Mendatang

Medcom Nasional Virus Korona
Medcom • 07 Agustus 2020 10:15
Universitas Padjadjaran (Unpad) bersama PT Bio Farma, Badan POM, dan Balitbangkes mulai melakukan uji klinis vaksin covid-19 pada Selasa, 11 Agustus mendatang. Proses uji klinis akan dilakukan di Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Kampus Unpad Dipati Ukur, serta empat Puskesmas di Kota Bandung.

Ketua Tim Riset Uji Klinis Unpad Prof. Kusnandi Rusmil mengatakan, uji klinis dilakukan maksimal 20 orang per hari di setiap lokasi pengujian. Hal ini dilakukan untuk memenuhi aspek kewaspadaan terhadap pandemi covid-19.

Sampai saat ini tercatat 800 calon relawan sudah mendaftar ke Unit Riset Klinis Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSUP Hasan Sadikin. Selain itu, sebanyak 350 orang dari lingkungan Unpad akan menjadi calon relawan uji klinis.

Sebelum melakukan uji klinis, tim riset Universitas Padjajaran (Unpad) untuk Uji Klinis Vaksin Covid-19 Sinovac gelar simulasi pelaksanaan uji klinis itu dengan mendatangkan sejumlah relawan, Kamis, (6/8). 

Simulasi tersebut dilakukan untuk melihat kesiapan tenaga medis dalam penanganan dan pengujian klinis tahap III vaksin Covid-19 produksi Sinovac kepada 1.620 relawan. Dokter laboratorium riset uji vaksin dr Sunaryati Sudigdoadi mengatakan ada lima tahap yang akan ditempuh oleh para calon relawan nantinya saat proses uji kinis vaksin.

Secara teknis, selama masa penelitian, relawan atau subyek penelitian akan beberapa kali datang ke lokasi pengujian. Kedatangan pertama dilakukan tiga hari sebelum penyuntikkan. Pada fase pertama, subyek akan diperiksa untuk menentukan apakah yang bersangkutan masuk sebagai sampel uji klinis atau tidak. Usai dinyatakan layak, subyek mulai dilakukan penyuntikan. Selanjutnya, 14 hari pascapenyuntikan pertama, subyek akan kembali dilakukan penyuntikan kedua. Setelah itu, subyek akan dipantau kondisinya selama enam bulan ke depan.

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif