Waspadai La Nina, Satgas Ingatkan Pemda Munculnya Klaster di Pengungsian

Medcom Nasional musim hujan
Medcom • 16 Oktober 2020 06:25
Fenomena La Nina diprediksi akan meningkatkan akumulasi curah hujan bulanan di Indonesia. Berdasarkan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), curah hujan bulanan di Tanah Air akan naik 20 sampai 40 persen.

Meningkatnya curah hujan bulanan itu dapat menimbulkan ancaman bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, longsor, angin puting beliung, dan lain sebagainya.

Merespon hal tersebut, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito mengingatkan pemerintah daerah untuk mewaspadai musim penghujan untuk 6 bulan kedepan pengaruh fenomena La Nina. Ia meminta pemda menyiapkan upaya mitigasi bencana agar tidak terjadi klaster pengungsian. 

"Contigency plan dan mitigasi risiko harus dipersiapkan dengan matang untuk meminimalisir kerugian bahkan korban jiwa pada sektor terdampak termasuk memastikan lokasi pengungsian yang akan digunakan untuk dapat meminimalisir risiko penularan Covid-19, logistik serta perangkat dan fasilitas kesehatan," ucapnya. YouTube: BNPB Indonesia

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif