NEWSTICKER

Polisi Selidiki Temuan Radioaktif Ilegal di Perumahan Batan Indah

Medcom Nasional nuklir
Medcom • 26 Februari 2020 15:05
Bahan-bahan kimia diamankan polisi dari sebuah rumah yang terletak di Blok A Nomor 22, Perumahan Batan Indah, Setu, Tangerang Selatan. Salah satunya, serpihan zat radio aktif Cesium (Cs) 137 dalam kemasan plastik.

Argo tak menjelaskan detail kronologi temuan tersebut. Bahan-bahan kimia itu saat ini ditempatkan di Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR) Batan.

Kepala Biro Hukum Humas dan Kerjasama Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), Indra Gunawan mengatakan awalnya rumah ini didatangi oleh satuan Gegana Kimia, Biologi, Radioaktif (KBR) Polri, Badan Tenaga Nuklir (Batan) dan Bapeten pada Senin, 24 Februari 2020.

Polisi juga menemukan adanya dua titik baru yang diduga terkontaminasi radioaktif cesium 137. Temuan diketahui saat polisi menyisir beberapa blok di perumahan tersebut, pada Senin, 24 Februari 2020.

Polisi tengah memeriksa 17 saksi terkait temuan itu. Saksi yang diperiksa berasal dari lingkungan sekitar, pegawai Badan Tenanga Nuklir Nasional (Batan), dan pegawai Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten). ( Reporter/ Kautsar Bobi )
(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif