Sistem Tilang Ganjil Genap Mulai Berlaku 10 Agustus

Medcom Nasional sistem ganjil genap
Medcom • 07 Agustus 2020 14:41
Seperti diketahui, semula penerapan ganjil genap diberlakukan kembali mulai 3 Agustus 2020. Penerapan kembali sistem ganjil genap pun dikarenakan sudah meningkatnya jumlah volume kendaraan pada beberapa titik yang diklaim angkanya lebih tinggi dibandingkan masa sebelum pandemi COVID-19.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyebut tilang pelanggar sistem ganjil genap di Ibu Kota menggunakan dua sistem, langsung dan elektronik. Tilang bagi pelanggar mulai berlaku Senin, 10 Agustus 2020.

Pengendara yang melanggar bisa ditilang oleh polisi yang turun ke lapangan, maupun kamera Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) atau kamera tilang elektronik. Sebanyak 125 polisi lalu lintas diterjunkan setiap hari untuk memantau penerapan sistem ganjil genap. Ratusan personel itu ditempatkan di 25 ruas jalan menerapkan sistem ganjil genap.
 
12 kamera tilang elektronik siap memantau pelanggar ganjil genap. Jumlah ini, kata dia, akan bertambah pada pengadaan kamera tahap kedua. Nanti e-TLE tahap dua yang 57 kamera itu diberlakukan, ada 13 ruas jalan yang memiliki kamera pengawas, Penilangan dengan sistem e-TLE dinilai sangat efektif, apalagi saat masa pandemi covid-19. Interaksi antara polisi dengan masyarakat berkurang, sehingga mengurangi potensi penularan. Antara Foto/MI

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif