Tambahan Satu Orang, Jumlah PDP Positif di Aceh Menjadi Lima Orang

Medcom Nasional Virus Korona
Fajri Fatmawati • 30 Maret 2020 17:33
Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) positif di Aceh bertambah satu orang. Sehingga jumlah seluruh PDP virus korona (covid-19) di Aceh menjadi 5 orang, yakni satu orang meninggal dan sisanya dalam perawatan rumah sakit. 

Juru bicara gugus tugas covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani mengatakan, PDP dari Aceh yang diumumkan Positif covid-19 oleh Juru Bicara Nasional Penanganan covid-19, Achmad Yurianto, pada Minggu 29 Maret 2020 yakni, Kode: P.1136,  usia 22 tahun, laki-laki, asal Aceh Besar. 

"Sebelumnya, pasien tersebut dirawat di Respiratory Intenseive Care Unit (RICU) Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin (RSUDZA) Banda Aceh pada 22 Maret 2020 dengan keluhan batuk, demam, dan diare," kata Saifullah, Senin, 30 Maret 2020.

Pasien tersebut memiliki riwayat perjalanan ke Malaysia bersama istrinya yang saat ini berstatus orang dalam pemantauan (ODP). kemudian mereka kembali ke Aceh pada 15 Maret 2020, dan pada 23 Maret 2020 tim medis mengambil sampel swab (cairan tenggorokan) untuk dikirim ke Balitbangkes di Jakarta. Kemudian, Pada 25 Maret 2020 pasien diizinkan pulang karena kondisinya sudah membaik.

Namun, Pihak tim Medis RSUZA Banda Aceh mewajibkan pasien tersebut menjalani karantina rumah, sesuai pedoman penanganan cepat medis dan kesehatan masyarakat covid-19 di Indonesia.

"Setelah hasil pemeriksaan swab diterima dan PDP tersebut dinyatakan positif covid-19, dan kembali dijemput kerumahnya oleh tim medis RSUDZA," ujar dia. 

Selain itu Saifullah menambahkan, satu orang yang dinyatakan meninggal beberapa hari lalu masih berstatus PDP karena hasil pemeriksaan swab-nya di laboratorium Balitbangkes di Jakarta, belum diterima. 

“Jadi, belum dapat disimpulkan status PDP meninggal tersebut, dan mudah-mudahan hasilnya negatif,” jelasnya.

Sementara itu, Jumlah ODP di Aceh updater per 29 Maret 2020 pukul 15.00 WIB berjumlah 567 orang dri 23 Kabupaten atau Kota. Kemudian jumlah PDP sebanyak 41 orang, 4 diantaranya dalam perawatan. Dan 2 orang meninggal, satu diantaranya masih PDP karena masih menunggu hasil swab, dan satunya lagi positif covid-19.
 
Fajri Fatmawati
(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif