Jelang Iduladha, Ini Pesan MUI untuk Masyarakat

Medcom Nasional pendidikan
Medcom • 28 Juli 2020 22:58
Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau umat Muslim untuk tetap menerapkan protokol kesehatan saat merayakan hari raya Iduladha 1441 H pada 31 Juli 2020. Ini sangat penting untuk mencegah potensi penularan Covid-19 demi menjaga keselamatan bersama.

“Ketika kita berada di suatu kawasan yang sudah mulai terkendali, maka pelaksanaan shalat Idul Adha dapat dilaksanakan di masjid secara berjamaah. Tetapi harus tetap istiqamah menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, kemudian wudhu dari rumah, membawa sajadah sendiri, menjaga jarak,” tutur Asrorun di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (28/7/2020).

Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam menjelaskan pelaksanaan salat Id di masa pandemi harus mempertimbangkan kondisi faktual di masyarakat. Artinya, jika sebuah daerah dalam kondisi rawan maka salat Id sebaiknya dilaksanakan secara mandiri di rumah.

“Ketika kita melihat bahwa diri kita sedang sakit, atau memiliki penyakit bawaan, maka sebaiknya tetap shalat di rumah saja,” kata Asrorun.

Kemudian untuk pelaksanaan kurban, Asrorun mengatakan sebaiknya masyarakat yang akan berkurban mengoptimalkan rumah potong hewan (RPH). Antara Foto/MI/ YouTube: BNPB Indonesia


(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif