Penerbangan Ditunda Karena Kabut Asap

Medcom Nasional kebakaran lahan dan hutan
Medcom • 13 September 2019 17:07
Kabut asap di Kota Palembang, Sumatra Selatan, semakin pekat, mengakibatkan lima jadwal penerbangan di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II ditunda. Badan Meteorologi, Geofisika dan Klimatologi (BMKG) mencatat jarak pandang terendah pada Jumat, 13 September 2019, pukul 06.00 WIB, yakni 300 meter. Sementara jarak pandang ideal berkisar 800 meter sampai satu kilometer.

Penundaan jadwal penerbangan ini sebagai upaya antisipasi risiko. Karena untuk pendaratan dan keberangkatan, harus memiliki standar jarak pandang. Angin permukaan yang dicatat BMKG Stasiun Meteorologi SMB II Palembang dari tenggara dengan kecepatan 5-20 Knot (9-37 Km/Jam). Kecepatan itu mengakibatkan potensi masuknya asap akibat karhutla ke wilayah Kota Palembang dan sekitarnya.
 
Masyarakat diimbau untuk berhati-hati saat berkendara pukul 04.00-07.00 WIB seiring potensi menurunnya jarak pandang. Masyarakat juga diminta menggunakan masker dan minum banyak air saat beraktifitas di luar rumah, serta tidak melakukan pembakaran baik sampah rumah tangga maupun pembukaan lahan pertanian/perkebunan.
Antara: Mushaful Imam/ MI: Dwi Apriani
(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif