Tips Aman Kembalikan Email yang Terhapus di Gmail

Medcom Lifestyle Tips dan trik teknologi
Medcom • 25 Maret 2021 19:22
Menerima puluhan atau ratusan email di kolom inbox pada Gmail mungkin sudah menjadi hal yang biasa bagi sejumlah orang. Namun tidak jarang, kondisi tersebut membuat seseorang menjadi kerepotan. Akibatnya, terkadang ada kemungkinan pengguna menghapus sejumlah email di Gmail akibat ketidaksengajaan.

Gmail menyediakan fungsi serupa dengan recycle bin, yaitu fungsi kotak “sampah”. Dimana fungsi kotak “sampah” ini adalah untuk menampung pesan email yang kita hapus, seperti “recycle bin” dikomputer yang bisa menampung file yang dihapus.

Di kotak “sampah” tadi, email yang dihapus akan bertahan selama 30 hari sebelum dihapus permanen oleh sistem. Tujuannya supaya email yang tidak sengaja terhapus, bisa dikembalikan dengan mudah.
Berikut tips dan cara mengembalikan email yang terhapus :
  1. Manfaatkan Fungsi Undo
Biasanya, notifikasi yang berisi keterangan email terhapus akan disertai opsi Undo di sebelahnya. Apabila kamu merasa salah menghapus email dan ingin mengembalikannya, langsung saja pilih opsi Undo tersebut. Setelahnya, email tersebut akan langsung muncul kembali. Namun perlu diingat, notifikasi ini muncul hanya beberapa detik setelah pesan dihapus.
  1. Buka Kolom Trash
Apabila terlewat untuk menekan tombol Undo saat menghapus sebuah pesan, kamu dapat langsung mengakses folder Trash. Sesuai namanya, folder ini berisi pesan yang sudah dihapus.
Google akan menyimpan email yang sudah dihapus selama 30 hari di Trash, sebelum menghapusnya secara permanen. Jadi sebelum 30 hari, kamu masih bisa mengembalikan email yang sudah dihapus ke tempat asalnya. Untuk melakukannya, kamu tinggal buka folder Trash dan cari pesan yang ingin dikembalikan. Setelahnya, kamu dapat mengklik kanan dan pilih opsi Move to inbox.
  1. Minta Bantuan Google
Jika pesan anda sudah terhapus permanen dari folder trash, anda sudah tidak bisa lagi memanfaatkan fitur di Gmail, melainkan harus langsung menghubungi Google.
Untuk pengguna akun Google atau Gmail biasa, ada cara terakhir untuk mengembalikan email dengan meminta bantuan langsung pihak Google. Perusahaan juga sudah menyediakan formulir pengajuan untuk hal ini, tapi memang tidak seluruh permintaan dapat dipenuhi.

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif