Mudah Lupa? Ini Tips Tingkatkan Daya Ingat

Medcom Lifestyle tips kesehatan
Medcom • 07 Oktober 2020 12:25
Kemampuan otak dalam mengingat suatu hal akan menurun seiring waktu. Hal ini juga sering dikaitkan dengan bertambahnya usia. Namun, bisa jadi penurunan daya ingat dipengaruhi oleh faktor lainnya. Seperti selalu melakukan beberapa hal dalam satu waktu (multitasking), ini pun berdampak buruk pada kemampuan otak dan produktivitas.  Menerapkan pola hidup sehat pun dapat menjadi pilihan dalam meningkatkan daya ingat. Hal-hal yang dapat dilakukan, seperti:
  1. Memperhatikan asupan gizi
Anda dapat mengonsumsi sayuran hijau, ikan yang mengandung asam lemak omega-3, teh hijau, dan kacang-kacangan, dan makanan yang mengandung vitamin untuk otak agar fungsi otak lebih terjaga. Hindarilah minuman beralkohol.
  1. Rajin berolahraga
Olahraga yang dapat dilakukan seperti, berjalan kaki dan bersepeda.
  1. Lakukan olah otak
Senam otak yang dapat dilakukan seperti, mengisi teka-teki silang, bermain puzzle, rajin membaca, bermain catur, menguji ingatan dengan menghafal gambar, belajar memainkan alat musik, dan permainan strategi lainnya.
  1. Atur aktivitas
Mulailah dari hal-hal sepele, seperti menaruh barang di tempatnya, menulis agenda harian, dan membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai. Ini akan membuat otak Anda lebih fokus sehingga daya ingat tetap terjaga.
  1. Cukup istirahat
  2. Aktif bersosialisasi
  3. Memperhatikan dengan saksama
  4. Matikan telepon genggam saat bekerja atau belajar.


(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif