Hindari 5 Kebiasaan Minum Kopi yang Buruk bagi Kesehatan

Medcom Lifestyle Kesehatan Kopi Kafein Penuaan
Medcom • 23 November 2021 15:45
Konsumsi kopi memang memberikan sejumlah manfaat, salah satunya untuk menambah energi di pagi hari. Namun, konsumsi kopi dengan cara yang tidak tepat justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan, terutama penuaan. Ini 5 kebiasaan minum kopi yang harus dihindari:


Minum kopi untuk sarapan

Kopi sebagai pengganti sarapan berdampak buruk bagi kesehatan, terutama bagi penderita asam lambung. Menurut ahli nutrisi Lisa Moskovitz, melewatkan sarapan juga menyebabkan pola makan yang kurang bergizi, khususnya yang bertentangan dengan penuaan.

Dibandingkan hanya minum kopi, sebaiknya konsumsi buah-buahan, kacang-kacangan, atau bahan makanan tinggi antioksidan lainnya saat sarapan.


Kopi yang terlalu manis

Kopi hitam lebih rendah kalori dan lebih sehat. Namun, bila ditambah banyak gula, krim, sirup atau pemanis lainnya bisa memengaruhi kesehatan, seperti meningkatkan gula darah, peradangan, hingga penuaan dini. Moskovitz menyarankan untuk menambahkan gula sewajarnya dalam kopi.


Tidak minum air putih

Terlalu banyak kopi dan lupa akan air putih bisa sebabkan dehidrasi yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Menurut Moskovitz, dehidrasi memiliki dampak negatif pada kulit, pencernaan, tingkat energi, penyerapan nutrisi, dan sendi.


Minum kopi sepanjang hari

Waktu terbaik untuk minum kopi yang disarankan adalah pagi hari karena bisa memicu lonjakan energi. Konsumsi kopi mendekati waktu tidur akan merusak kualitas tidur dan mengganggu istirahat yang cukup.


Menambah pemanis buatan

Menurut Moskovitz, pemanis buatan bisa membahayakan kadar insulin tubuh, mengancam kesehatan tubuh, hingga organ vital lainnya.

Sumber foto:
Freepik
Pixabay

Hai, Sobat Medcom.id! Kalau kamu punya video peristiwa menarik bisa mengirimkannya ke redaksi@medcom.id.


(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif