Penderita Kolesterol Tinggi Harus Menghindari 5 Makanan Ini

Medcom Lifestyle kesehatan kolesterol tips kesehatan makanan
Medcom • 24 November 2021 17:30
Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan di tubuh dan produk hewani seperti daging, telur, dan susu. Penderita kolesterol tinggi harus menekan atau menurunkan kadar kolesterol hingga mencapai ambang normal dengan menjaga pola makan. Dikutip dari Healthline, berikut makanan tinggi kolesterol yang harus dihindari:


Makanan yang digoreng

Sarat dengan kalori dan mengandung lemak trans yang bila dikonsumsi berlebihan bisa tingkatkan kadar kolesterol. Peningkatan kadar kolesterol dapat berujung pada risiko penyakit stroke, diabetes, obesitas, hingga sakit jantung mendadak.


Makanan cepat saji

Makanan ini bisa menjadi faktor risiko utama untuk berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Orang yang banyak mengonsumsi makanan cepat saji cenderung memiliki kolesterol tinggi, lemak perut lebih banyak, gangguan regulasi gula darah, dan tingkat peradangan lebih tinggi.


Daging olahan

Sosis dan bacon merupakan makanan berkolesterol tinggi yang perlu dibatasi bagi penderita kolesterol tinggi.


Ragam makanan penutup

Kue kering, es krim, dan chocolate mousse cenderung tinggi kolesterol, serta tambahan gula, lemak, dan kalori tak sehat. Studi telah mengaitkan asupan gula tambahan dengan obesitas, penyakit jantung, diabetes, penurunan kognitif, dan kanker tertentu.


Udang

Kandungan lemak omega-3 dan omega-6 pada udang menjadikannya sehat. Namun, sayangnya udah mengandung kolesterol paling tinggi dibandingkan ikan atau makanan laut lannya. 100 gram udang mengandung 252 kolesterol yang merupakan 84 persen dari jumlah kebutuhan kolesterol harian.

Sumber foto:
Freepik

Hai, Sobat Medcom.id! Kalau kamu punya video peristiwa menarik bisa mengirimkannya ke redaksi@medcom.id.

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif