Lima Cagar Alam Terbaik di Indonesia

Medcom Lifestyle pariwisata indonesia
Medcom • 04 Oktober 2019 16:42
Saat ini cagar alam di Indonesia menarik untuk dijadikan tempat wisata, tentunya tidak kalah dengan tempat wisata kekinian lainnya. Inilah cagar alam terbaik di indonesia yang patut untuk dikunjungi:

1. Tanjung Puting - Kalimantan Tengah
Terdiri dari kumpulan ekosistem asli, unik dan menjadi cagar biosfer dunia. Dikenal sebagai konservasi orangutan terbesar di dunia dengan populasi orangutan di Tanjung Puting mencapai 40 ribu ekor.

2. Maninjau - Agam, Sumatera Barat
Cagar alam yang menjadi berkumpulnya binatang buas dan bunga langka. Di sini terdapat habitat harimau sumatera dan beruang madu. Daya tarik lainnya adalah Danau Maninjau yang memiliki luas 99,5 kilometer persegi.

3. Kawah Ijen - Banyuwangi, Jawa Timur
Wilayah wisata alam di Kawah Ijen hanya 93 ha, sisanya digunakan sebagai cagar alam. Wisata Gunung Ijen memang memesona dengan api biru dan kawah belerangnya. Di sini terdapat elang jawa dan beberapa tanaman langka yang dilindungi.

4. Waigeo Barat - Raja Ampat, Papua Barat
Papua terkenal dengan ekosistem hutan hujan tropis yang kaya biodiversitas. Di lahan seluas 95 ribu hektare ini, terdapat satwa langka seperti cenderawasih. Kondisi cagar alamnya didominasi hutan alami dengan beberapa sungai kecil.

5. Kebun Raya Cibodas - Cianjur, Jawa Barat
Merupakan tempat konservasi tumbuhan dan terdapat empat kawasan tematik, yakni taman sakura, lumut, rhododendron, paku-pakuan dan tanaman obat. Tercatat ada 5.831 contoh tanaman yang bisa dilihat di kebun ini.

Antara: Andika Wahyu, Zabur Karuru, Irsan Mulyadi, Budi Candra Setya, Andrew Suripatty, Yusran Uccang, Rosa Panggabean, Adeng Bustomi, Irwansyah Putra, Adwit B Pramono, Prasetyo Utomo, Saptono/ Terbit: Sumaryanto Bronto, Puput Mutiara/ MI: Benny Bastiandy, Suryana Sriyanti, Hendra Makmur/ RRI
(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif