Telkom University Buat Robot AUMR Pertama di Indonesia

Medcom Lifestyle Virus Korona
Medcom • 04 April 2020 15:08
Kasus suspect dan positif covid-19 di Indonesia kian meningkat. Berbagai macam tindakan dilakukan oleh tim medis, salah satunya dengan melakukan isolasi pada pasien positif. Disinfeksi dan sterilisasi ruang isolasi juga sangat diperlukan untuk menghilangkan dan mengurangi kontaminasi dari mikroorganisme, termasuk virus covid 19.
 
Diperlukan sebuah metode dan alat disinfeksi sterilisasi yang dapat bekerja efektif secara jarak jauh atau remote. Tim dari Telkom University berhasil membuat alat inovasi, yaitu Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR). Alat ini akan dimanfaatkan untuk disinfeksi dan sterilisasi pada ruang isolasi tanpa campur tangan manusia secara langsung. Sehingga dapat mencegah penularan covid-19.
 
Robot ini rencananya akan diujicobakan di Rumah Sakit Pindad Bandung dan Wisma Atlet Jakarta. Kontrol terhadap robot ini bisa dilakukan dalam beberapa mode. Robot ini juga sudah dilengkapi sensor ultrasonik, untuk menghindari menabrak benda di sekitarnya. Untuk biaya riset dan pengembangan, robot AUMR ini memakan budget sekitar Rp250 juta.

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif