Ini Penyebab dan Cara Atasi Eye Floaters

Medcom Lifestyle kesehatan mata
Medcom • 01 Oktober 2020 15:40
Eye Floaters merupakan bayangan benda dengan ukuran bervariasi yang tampak melayang pada penglihatan. Bentuk floaters ini pun bermacam-macam, mulai dari bintik hitam hingga tali panjang. Floaters biasanya muncul saat seseorang melihat cahaya terang seperti matahari atau menatap warna dasar terlalu lama.

ahaya masuk melewati lensa dan kornea mata, lalu menuju retina di bagian belakang mata. Di antara bagian depan dan belakang mata ini terdapat cairan yang disebut vitreus. Kekentalan vitreus terus berkurang seiring bertambahnya usia, dan saat inilah muncul sisa-sisa kotoran yang menggenang. Sisa kotoran yang melayang dan tampak inilah yang disebut sebagai floaters.
 
Namun, ternyata ada faktor lain yang menyebabkan eye floaters ini, seperti kecelakaan, rabun dekat, peradangan, hingga komplikasi diabetes. Eye floaters memang tidak menimbulkan rasa sakit namun terkadang mengganggu kejernihan penglihatan. Eye floaters ini pun tidak memerlukan pengobatan khusus karena dapat menghilang dengan sendirinya. Namun, jika kadar floaters sangat mengganggu, terdapat beberapa pilihan pengobatan yang biasa disarankan dokter, seperti:
  1. Terapi Laser untuk hancurkan floaters menjadi partikel lebih kecil.
  2. Vitrektomi atau dengan mengangkat butiran dan menggantinya dengan cairan garam steril.
Eye floaters ini pun umumnya tidak dapat dicegah dan merupakan hal normal yang dialami oleh tiap individu. Namun, Anda dapat berkonsultasi ke dokter mata selama berkala untuk mengetahui kondisi kesehatan mata Anda. MI/Antara/Pixels.

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif