Begini Sejarah Hari Perawat Internasional

Medcom Internasional perawat
Medcom • 12 Mei 2020 16:41
Tanggal 12 Mei diperingati sebagai Hari Perawat Internasional. Peringatan ini menyoroti peran penting perawat. Tak bisa dipungkiri jasa perawat kini sangat diperlukan dalam memerangi pandemi COVID-19. Bersama dokter, perawat menjadi garda terdepan yang berhadapan langsung dengan pasien.

Peringatan ini juga menandai kelahiran Florence Nightingale, pelopor perawat modern pada abad ke-18. Nightingale jadi tokoh penting dalam keperawatan karena jasanya di Perang Krimea tahun 1850-an. Ia memimpin kelompok perawat untuk tentara Inggris.

Nightingale terkejut melihat kondisi rumah sakit saat pertama kali tiba dan langsung berlakukan standar perawatan yang ketat. Pengalamannya itu mendorong Nightingale menyuarakan reformasi di dalam dunia perawatan.

Nightingale juga membuka sekolah keperawatan pada tahun 1860. Keberhasilannya mendorong pembentukan sekolah lain. Hari Perawat Internasional selalu menyuarakan tentang pendidikan.

Hingga kini dunia masih kekurangan perawat terutama di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Pandemi COVID-19 ini menjadi pengingat peran vital perawat. Tanpa perawat sulit untuk memenangkan perang melawan wabah. APTN.
(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif