Ribuan Warga Israel Sorak-sorai di Depan Kobaran Api di Kompleks Masjid Al-Aqsa

Medcom Internasional Palestina israel palestina Gaza Israel hamas
Medcom • 12 Mei 2021 12:44
Ribuan warga nasionalis Israel mengibarkan bendera dan berkumpul di tembok barat Bukit Bait Suci atau temple mout, Yerusalem pada Senin (10/5/21) malam waktu setempat. Mereka bersorak saat api menjulang tinggi di atas Masjid Al-Aqsa.

Api di dekat area bukit bait suci atau temple mount tepatnya di atas Masjid Al-Aqsa berkobar ketika kembang api yang diluncurkan oleh pengunjuk rasa Palestina ke polisi Israel membakar pohon. Beruntung api ini bisa dipadamkan dengan cepat.
 
Berkumpulnya ribuan warga nasionalis Israel terjadi di tengah meningkatnya konflik antara Israel dan Palestina yang dipicu oleh ketegangan berminggu-minggu di Yerusalem.

Sebelumnya polisi Israel dengan perlengkapan anti huru hara melemparkan granat kejut untuk membubarkan warga Palestina yang melemparkan batu ke bukit bait suci di Yerusalem Senin (10/5/21) malam. Masjid Al-Aqsa berada di puncak bukit yang merupakan tempat suci dalam islam. 

Masjid Al-Aqsa yang diperebutkan adalah situs tersuci dalam Yudaisme, dihormati sebagai lokasi dari dua Kuil alkitabiah. Namun, juga merupakan situs tersuci ketiga dalam Islam. Tembok Barat adalah sisa-sisa dari Kuil Kedua. Beberapa hari terakhir telah terjadi bentrokan polisi dengan pengunjuk rasa Palestina di kompleks Masjid Al-Aqsa, tempat puluhan ribu jamaah Muslim berkumpul setiap hari karena bulan suci Ramadhan.

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif