Penutup Ka'bah Diganti Setiap Tahun Jelang Puncak Ibadah Haji

Medcom Internasional arab saudi
Medcom • 30 Juli 2020 14:06
Pemandangan tidak biasa terlihat di sekitar Ka'bah yang berada di Masjidil Haram, menjelang Kamis (30/72020) tengah malam hingga dini hari waktu setempat. Puluhan petugas Kerajaan Arab Saudi tampak sibuk bekerja di seputar Ka'bah. Belasan orang bahkan terlihat berada di atas bangunan kiblat umat muslim itu.

Selain petugas, tampak pula tiga buah crane kecil di sekitar Ka'bah. Para petugas ini sedang bekerja mengganti Kiswah atau penutup Ka'bah di tengah cuaca malam yang cukup sejuk. Siaran langsung Makkah TV yang dipantau IDN Times menunjukkan suhu di Kota Makkah saat pergantian Kiswah berkisar 29-30 derajat Celsius. Hingga pukul 02.12 waktu setempat, proses pergantian masih berlangsung. Perbedaan waktu antara Indonesia dan Arab Saudi sekitar empat jam.

Kiswah atau kain penutup Ka'bah diganti setiap tahun di masa puncak ibadah haji. Menurut catatan sejarah, tradisi penggantian kiswah yang dilakukan setiap tahunnya sudah ada sejak masa Khalifah Al-Mahdi yang merupakan penguasa Dinasti Abbasiyah IV.

Sejak saat itu, kiswah untuk Ka'bah diganti setiap tahun pada musim haji 9 Zulhijah dan menjadi sebuah tradisi yang harus selalu dijalankan.Afp 

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif