Trump Ancam Hentikan Dana Bantuan untuk WHO Selamanya

Medcom Internasional Virus Korona
Medcom • 19 Mei 2020 14:01
Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali menyerang Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Trump kini mengancam akan hentikan dana bantuan kepada WHO selamanya. Setelah sebelumnya menyebut WHO sebagai boneka Tiongkok.

AS merupakan donatur terbesar ke WHO yang memberikan dana Rp6,6 triliun setiap tahunnya. Dana itu kini ditangguhkan karena Trump menilai WHO Chinasentris. Menurutnya, kebijakan WHO dalam menangani pandemi korona terkesan untuk menyelamatkan wajah Tiongkok di mata dunia.

Trump merasa negaranya diperlakukan buruk padahal sudah menjadi donatur terbesar. Trump menyebut WHO lebih berpihak kepada Tiongkok yang hanya memberi donasi sekitar hampir Rp600 miliar.

Trump memposting di Twitter surat yang ia kirim ke WHO. Dalam surat itu WHO diminta untuk merdeka dari Tiongkok. Trump pun menyatakan akan menimbang kembali keanggotaan AS di WHO.

Tiongkok pun melawan balik AS dengan memberikan dana tambahan sebesar Rp467 miliar kepada WHO. Tiongkok berharap dana tambahan itu bisa memperkuat sistem kesehatan di negara-negara berkembang. APTN.
(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif