Rusia Ciptakan Vaksin COVID-19, Putin: Putriku Sudah Disuntik

Medcom Internasional Virus Korona
Medcom • 12 Agustus 2020 02:43
Presiden Rusia, Vladimir Putin mengumumkan bahwa Kementerian Kesehatan Rusia telah menyetujui vaksin Korona COVID-19. Hal ini menjadikan Rusia sebagai negara pertama yang secara resmi mendaftarkan vaksin untuk virus Korona.

Vaksin bernama Sputnik V nantinya akan digunakan untuk pasar luar negeri. Nama vaksin itu diambil dari satelit pertama Rusia yang meluncur ke luar angkasa.

Putin juga mengatakan salah satu putrinya telah menjadi sukarelawan uji vaksin COVID-19. Dia menuturkan, putrinya merasa sehat saat ini.
 
Pemimpin Rusia itu mencatat bahwa vaksin COVID-19 Rusia pertama tersebut membentuk sel yang stabil dan memberikan kekebalan antibodi.

Dia menegaskan bahwa beberapa orang tidak memiliki gejala sama sekali setelah mendapat suntikan vaksin tersebut.

Seperti diketahui, Rusia merupakan negara pertama yang mendaftarkan vaksin Covid-19. Banyak ilmuan yang skeptis terkait keputusan Rusia yang mendaftarkan vaksin itu sebelum menjalani uji klinis tahap III yang biasanya berlangsung berbulan-bulan dan melibatkan ribuan orang. Rencananya vaksin ini akan mulai diproduksi secara industri mulai September, dan dia mengaku ada 20 negara yang sudah melakukan pemesanan awal vaksin, dengan jumlah miliaran dosis. APTN

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif