Suku Tembé Rayakan Berhasilnya Isolasi Desa Selama Enam Bulan

Medcom Internasional pandemi covid-19
Medcom • 13 September 2020 12:27
Suku Tembé di Amazon Brasil merayakan berhasilnya isolasi yang telah mereka lakukan selama enam bulan terakhir. Dengan hasil tanpa adanya kasus COVID-19 yang dapat diidentifikasi di antara ratusan anggota mereka.
Saat matahari terbenam, anggota Suku Tembé bernyanyi dan menari bersama para tetua di depan api unggun yang ada di sekitar rumah adat beratap jerami.

Mereka merayakan ketahanan Suku Tembé dalam menghadapi COVID-19. Suku asli Brasil memang rentan terhadap COVID-19, terutama mereka yang pergi ke kota-kota terdekat untuk membeli kebutuhan pokok dan mengambil bantuan dana darurat dari pemerintah. Namun, Suku Tembé jarang membuka akses desa mereka di sejak awal tahun ini.

Suku Tembé adalah cabang dari etnis Tenetehara, yang terletak di wilayah Adat Alto Rio Guama di negara bagian Para. Sekarang ini, setelah jumlah kasus harian dan kematian akibat COVID-19 di Para menurun, Suku Tembé mulai percaya bahwa mereka akan keluar dari lingkaran pandemi.

Pada Rabu malam, para perempuan Desa Tekohow berkumpul di dapur umum untuk menyiapkan pesta perayaan. Dengan panci besar, mereka memasak ubi kayu dan nasi, serta ikan tucunare bakar yang dibungkus daun pisang.
Penghitungan dari organisasi Adat APIB, melaporkan sedikitanya ada 31.306 orang yang terinfeksi virus korona dan 793 kematian di masyarakat adat. APTN.

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif