Potret Amerika Tengah Usai Diterjang Badai Iota

Medcom Internasional topan badai
Medcom • 19 November 2020 18:37
Badai Iota menyebabkan banjir bandang di sejumlah daerah di Amerika Tengah. Puluhan ribu orang di Amerika Tengah pun harus mengungsi lantaran rumah mereka tergenang banjir.

Kamis (19/11/2020), korban tewas akibat badai Iota dikhawatirkan lebih dari 20 orang. Badai terkuat tercacat melanda Nikaragua pada Senin (16/11) malam waktu setempat, membawa angin berkecepatan 249 kilometer/jam.

Menurut keterangan Philip Kotzbach, seorang meteorolog dari Colorado State University, Iota merupakan badai tropis terkuat 2020 dalam musim badai Atlantik. Iota juga merupakan badai terkuat yang melanda Amerika Tengah di bulan November.

Sebanyak enam orang di Nikaragua dan tiga orang di seluruh Amerika Tengah dan Karibia dilaporkan tewas akibat badai tersebut. Media Nikaragua menyatakan bencana tanah longsor menewaskan sedikitnya 15 orang lain, dan banyak lagi yang dilaporkan masih hilang.

Di Honduras, lebih dari 71.000 orang berada di pengungsian. Puluhan sungai meluap dan membanjiri jalan-jalan serta jalan raya terdekat.

Nikaragua, Honduras, Guatemala, dan El Salvador kini terkena bencana berlipat, mulai dari badai Eta, pandemi covid-19 hingga Iota. Keempat negara tersebut terancam jatuh ke jurang krisis kemanusiaan. APTN

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif