Yoshihide Suga Resmi Terpilih Jadi Perdana Menteri Jepang

Medcom Internasional Yoshihide Suga
Medcom • 16 September 2020 15:32
Yoshihide Suga resmi menjadi Perdana Menteri Jepang menggantikan Shinzo Abe yang mengundurkan diri pada akhir Agustus. Mantan ketua sekretaris kabinet di pemerintahan Abe itu diyakini bakal meneruskan kebijakan yang sudha dijalankan pendahulu sekaligus sekutunya itu.

Ia menjadi PM Jepang usai pemungutan suara di majelis rendah Jepang. Dikutip dari Sputnik, sebanyak 314 anggota parlemen memilih Suga sebagai PM Jepang. Secara total, 462 suara anggota parlemen dinyatakan sah. Proses pemungutan suara di parlemen ini disiarkan secara langsung di situs parlemen Jepang.

Terpilihnya Suga sebagai PM pengganti Shinzo Abe sebenarnya sudah dapat dipastikan, karena mayoritas parlemen Jepang diisi politisi LDP. Pemilihan ketua LDP sekaligus PM Jepang dilakukan usai Abe mengumumkan pengunduran dirinya pada akhir Agustus. Abe mengaku mundur karena mengalami masalah kesehatan.
 
Pagi tadi, Abe dan seluruh jajaran kabinetnya membubarkan diri secara massal demi membuka jalan bagi pemerintahan baru Suga. Sebagai orang dekat Abe, Suga diyakini akan melanjutkan berbagai kebijakan pendahulunya.

Suga pun menjadi wajah baru di blantika politik Jepang, yang acap diisi oleh politisi yang berasal dari garis keturunan darah biru dalam politik. Sebabnya adalah latar belakangnya yang merupakan anak dari seorang petani stroberi, dengan ibunya dilaporkan merupakan guru sekolah. Meski dia dipuji karena mengedepankan kebijakan yang memberi dampak positif bagi kota kelahirannya Akita, pandangan politiknya masih jadi misteri. Dia dipandang sosok pragmatis daripada ideologis, di mana kampanyenya sering menyerukan perlunya mendobrak hambatan dalam birokrai. Sebagai PM Jepang, dia bakal memulai masa jabatannya dengan berusaha menyelamatkan ekonomi "Negeri Sakura" akibat virus korona. APTN


(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif