Gempa M 8,1 Guncang Selandia Baru, Ribuan Warga Dievakuasi

Medcom Internasional tsunami Gempa Bumi selandia baru
MetroTV • 05 Maret 2021 15:10
Gempa kuat bermagnitudo 8.1 mengguncang kawasan perairan Selandia Baru. Ribuan warga dievakuasi seiring peringatan tsunami yang akan melanda wilayah selatan Samudera Pasifik. Peringatan tsunami berbunyi seiring gempa susulan bermagnitudo 8.1 mengguncang Selandia Baru, Jumat (5/3) pagi waktu setempat. Sebelumnya gempa telah mengguncang dengan magnitudo 7.4 dan 7.3.

Gempa paling kuat itu terjadi sekitar seribu kilometer lepas pantai Selandia Baru. Gempa sebelumnya yang juga mengguncang kuat berjarak lebih dekat dan telah membuat orang orang terbangun dari tidurnya. Akibat gempa dan ancaman tsunami, pemerintah Selandia Baru meminta seluruh warga yang tinggal di pesisir timur dan pulau utara untuk segera meninggalkan rumah dan mengevakuasikan diri ke dataran yang lebih tinggi.

Kepanikan di sejumlah tempat pun terjadi. Ribuan warga berupaya menyelamatkan diri ke dataran yang lebih tinggi. Gempa ini juga mengaktifkan peringatan dini tsunami di Amerika Serikat dan diperkirakan tsunami akan terjadi setinggi 3 meter di Vanuatu satu meter di Australia, Fiji, Polinesia  hingga pesisir Meksiko dan Peru.

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif