Pandemi Belum Usai, Warga India Balas Dendam Isoman dengan Berwisata

Medcom Internasional India pandemi covid-19 Varian Delta
Medcom • 21 Juli 2021 17:52
Sektor pariwisata India mulai bangkit lagi setelah redanya gelombang kedua pandemi covid-19. Warga di India mulai bepergian berlibur. Sementara pihak berwenang khawatir pembukaan kembali aktivitas ekonomi yang menyebabkan kerumunan pelancong.
 
Ini saatnya liburan bagi pengunjung tua dan muda yang memadati Shimla, tempat wisata yang paling populer di India. 

Puluhan ribu wisatawan memadati kota-kota perbukitan India dalam beberapa pekan terakhir seiring dengan menurunnya penularan covid-19 gelombang kedua. Ini disebut sebagai perjalanan balas dendam untuk keinginan berlibur setelah satu tahun mengalami stres, cemas, dan isolasi karena banyak kota tutup.

Wisatawan yang kebanyakan tidak memakai masker menimbulkan kekhawatiran di India. Tempat terjadinya ajang penularan seperti rapat politik dan pertemuan keagamaan pada awal tahun, telah berkontribusi membuat varian Delta menyebar ke seluruh negeri.
 
Setelah video tujuan liburan yang sangat padat viral di media sosial, Menteri Kesehatan India memperingatkan mengenai  bahaya covid-19 yang belum berlalu.

Baru sekitar 5 persen warga yang mendapatkan vaksinasi lengkap. Menurut pakar kesehatan serbuan pariwisata ini bisa menimbulkan serbuan awal covid-19 gelombang ke-3. Perdana Menteri Narendra Modi memperingatkan agar warga tidak terlalu padat berkumpul di tempat liburan.
 
Publik yang lelah menghadapi pandemi mengakui resikonya. Perjalanan balas dendam ini disambut oleh pebisnis yang bergantung pada pariwisata. Di Shimla banyak warga mengalami kerugian, seperti salah satu pemilik restoran yang memangkas jumlah karyawannya karena penutupan wilayah.

India kini masih diselimuti dilema seperti dihadapi negara lain yang sedang menghadapi covid-19, yaitu adanya kebutuhan untuk membuka perekonomian yang tertekan. Sementara ancaman penularan covid-19 terus meningkat. 

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif