Indonesia di Ambang Jurang Resesi pada Kuartal III

Medcom Bisnis Resesi Ancam Indonesia
Medcom • 27 Agustus 2020 01:29
Pemerintah Indonesia saat ini tengah berjuang meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi usai terkontraksi pada kuartal II-2020. Melalui program pemulihan ekonomi nasional (PEN), perekonomian nasional harus bangkit dari kontraksi minus 5,32%.

Indonesia diprediksi akan masuk resesi jika pertumbuhan ekonomi pada kuartal III kembali mengalami kontraksi. Apalagi Menteri Keuangan Sri Mulyani memperkirakan ekonomi pada kuartal III-2020 akan berada pada kisaran minus dua persen hingga nol persen.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut pertumbuhan ekonomi nasional berpotensi minus di sepanjang tahun 2020. Jika benar begitu, maka Indonesia resmi resesi.

Pada kuartal I-2020, perekonomian Indonesia tumbuh di level 2,97% dan di kuartal II-2020 terkontraksi minus 5,32% akibat pandemi Corona. Sementara untuk kuartal III-2020, dia mengungkapkan outlook pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2020 berada di kisaran 0% hingga minus 2%. Hal tersebut menyusul belum terjadinya pembalikan ekonomi nasional yang solid.

Dengan outlook tersebut, Sri Mulyani mengungkapkan pertumbuhan ekonomi nasional sepanjang tahun 2020 akan berada di kisaran minus 1,1% hingga positif 0,2%. Sri Mulyani mengungkapkan setidaknya ada dua kunci yang bisa menyelamatkan ekonomi tanah air dari jurang resesi, yaitu konsumsi rumah tangga dan investasi. 

Meski begitu, Ekonom CORE Indonesia Piter Abdullah menyebut jika kondisi ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama maka akan menyebabkan depresi. Namun, Ia meyakini Indonesia tidak akan mengalami depresi karena kemungkinan vaksin covid-19 ditemukan dan diproduksi pada tahun depan.
 
"Wabah berhenti perekonomian berangsur kembali normal. Masyarakat tidak perlu panik. Resesi adalah kenormalan baru, bersikap biasa-biasa saja. Yang penting jaga kesehatan, itu yang utama," pungkasnya.YouTube: Kemenkeu RI
 

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif