Subsidi Gaji Rp600 Ribu Cair Per Gelombang Setiap Pekan

Medcom Bisnis Bantuan Langsung Tunai
Medcom • 26 Agustus 2020 23:46
Pemerintah akan menyalurkan bantuan sebesar Rp600 ribu per bulan selama empat bulan bagi karyawan dengan gaji di bawah Rp5 juta. Momen tersebut sangat dinantikan sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang terdampak pandemi covid-19.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyebut pencairan ditargetkan kepada 2,5 juta pekerja per gelombang setiap pekan. Menaker Ida menegaskan bahwa bantuan subsidi upah itu diambil dari alokasi penanganan pandemi covid-19 dan program pemulihan ekonomi yang dianggarkan pemerintah sebesar Rp695,2 triliun. Anggaran itu tidak hanya ditujukan untuk penanganan dalam bidang kesehatan dan ekonomi tapi juga jaring pengaman sosial.

Jaring pengaman sosial yang sudah dijalankan pemerintah untuk menangani dampak covid-19 seperti Program Keluarga Harapan, bantuan sosial, Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, Program Kartu Prakerja dan berbagai program lainnya.

"Kami akan mulai melakukan pencairan akhir bulan ini. Ke depannya sekurang-kurangnya akan dicairkan untuk 2,5 juta pekerja per batch dalam setiap pekannya," tutur Ida dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Rabu, 26 Agustus 2020.

Presiden Joko Widodo siap meluncurkan program bantuan pada Kamis, 27 Agustus 2020, besok. Acara ini merupakan bentuk simbolis penyerahan bantuan kepada pekerja. Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp37,8 triliun untuk program bantuan bagi pekerja. Bantuan akan disalurkan kepada 15,7 juta pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta, serta terdaftar dalam BPJamsostek per Juni 2020. YouTube: DPR RI


(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif