Apple Perusahaan Terkaya Dunia Saat Ini

Medcom Bisnis apple
Medcom • 20 Agustus 2020 21:03
Pada 2018 lalu, Apple menjadi perusahaan AS pertama yang menyentuh kapitalisasi pasar 1 triliun dollar AS atau sekitar Rp 14.500 triliun (kurs rupiah saat itu). Dua tahun berselang, angka itu berlipat ganda. 

Kini, perusahaan berlogo buah apel tergigit itu meraup kapitalisasi pasar 2 triliun dollar AS atau sekitar Rp 29.400 triliun (kurs rupiah saat berita ini ditulis). 
Capaian tersebut membuat Apple dinobatkan sebagai perusahaan terkaya di dunia saat ini, merebut gelar yang sebelumnya dipegang oleh perusahaan non-teknologi , Saudi Aramco. 
Angka itu diraih Apple berkat nilai saham Apple yang mencapai 467,77 dollar AS (sekitar Rp 6,9 juta) per lembar, dikalikan dengan lebih dari 4,2 miliar saham yang beredar menurut laporan terakhir.

Sebelumnya, perusahaan minyak Arab Saudi, Saudi Aramco menjadi perusahaan pertama dunia yang meraup nilai kapitalisasi pasar tersebut pada Desember 2019 lalu. Valuasi Saudi Aramco berkurang perlahan-lahan akibat dampak pandemi Covid-19.

Pandemi yang membuat industri travel jatuh, membuat anjlok harga minyak. Namun, dilansir kompas.com mengutip Venture Beat, Kamis (20/8/2020), Saudi Aramco disebut bisa kembali meraih angka 2 triliun dollar AS sebelum Apple mencapainya juga.

Sementara itu, perusahaan teknologi pesaing Apple seperti Alphabet, Amazon, dan Microsoft, telah mencapai kapitalisasi pasar 1 triliun dollar AS dan membuntuti rekor Apple yang baru.

Di tengah pandemi global yang tak kunjung usai, Apple tetap mencatatkan pendapatan yang kuat dalam dua kuartal terakhir.Afp/Pexels

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif