Pasar Global Respons Positif Efektivitas Vaksin Moderna dan Pfizer

Medcom Bisnis dampak ekonomi covid-19
Medcom • 19 November 2020 12:06
Pasar global merespons positif efektivitas uji coba vaksin COVID-19 yang dilakukan dua produsen vaksin dunia Moderna dan Pfizer. Harga saham Moderna bahkan naik hingga 9,6 persen.

Perusahaan bioteknologi asal Amerika Serikat, Moderna telah mengumumkan hasil sementara efektivitas calon vaksin COVID-19 yang mencapai 94,5 persen pada uji klinis fase 3. Tingkat efektivitas ini hampir sama dengan vaksin campak yang sudah lama beredar dan dipakai dunia.

Keberhasilan ini menjadi sentimen positif harga saham Moderna di bursa Nasdaq New York yang sempat naik lima kali lipat. Sentimen ini juga mendorong saham Asia dan bursa Eropa bergerak positif sepanjang perdagangan Selasa (17/11) kemarin.

Sebelumnya produsen farmasi lain, Pfizer bersama BioNTech mengumumkan calon vaksin yang dikembangkan memiliki efektivitas 90 persen mencegah infeksin. Informasi ini meningkatkan kepercayaan investor untuk mempercepat proses pemulihan ekonomi yang terpuruk akibat pandemi sekaligus mendorong optimisme investor. APTN.

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif