Penjelasan BMKG Terkait Gempa Magnitudo 6,1 di Malang

Breaking News gempa Gempa Bumi
MetroTV • 10 April 2021 16:59
Gempa magnitudo 6,7 yang mengguncang Malang, Jawa Timur, pada Sabtu, 10 April 2021, pukul 14.00 WIB, dimutakhirkan menjadi magnitudo 6,1. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menginformasikan gempa yang terjadi jenis menengah akibat adanya aktivitas subduksi.

BMKG melaporkan guncangan gempa dengan parameter MMI sebagai berikut, Turen V MMI. Skala V MMI menggambarkan getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun.  Wilayah Karangkates, Malang dan Blitar IV MMI. Skala ini menggambarkan bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Selanjutnya, wilayah Kediri, Trenggalek, Jombang III-IV MMI dan Nganjuk, Ponorogo, Madiun, Ngawi, Yogyakarta, Lombok Barat, Mataram, Kuta, Jimbaran, Denpasar III MMI. Skala III MMI menggambarkan getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.
 
Sedangkan wilayah lain, Mojokerto, Klaten, Lombok Utara, Sumbawa, Tabanan, Klungkung, Banjarnegara II MMI. Skala II MMI menggambarkan getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif